Blog terpopuler masa kini

1. Blogger/blogspot
    blogger/blogspot di kenalkan oleh PyraLabs pada tahun 23 agustus 1999 sebagai website blog pertama di dunia. dan pada tahun 2003 blogspot di akuisisi oleh Google.
 blog ini mempunyai lisensi resmi (gratis) untuk para penggunanya. Blog ini adalah blog tertua yang mempunyai jutaan pengguna. apa sih kelebihan blog ini hingga mempunyai jutaan pengguna? berikut adalah kelebihan serta kekurangan blogspot yang perlu anda ketahui :

Kelebihan:

  • Berdesain Gratis : Dengan blogger, anda tidak perlu mempunyai web hosting dan domain dulu untuk menyetingnya. Blogger sudah menyediakannya secara gratis. So bagi yang suka gratisan disarankan menggunakan Blogger.
  • Fasilitas Custon domain : Anda dapat mengganti sub domain (namaanda.blogspot.com) menjadi (namaanda.com).
  • Cepat saat diakses : Yup anda bisa mengakses dan menggunakannya dengan waktu yang cepat.
 Kekurangan:

  • tidak bisa dipasang Plugin : Anda tidak bisa memasang plugin padahal plugin dapat membantu anda mendesain tampilan blog anda agar lebih optimal dan lebih tangguh,bahkan blog dapat menempati peringkat awal bila dipasang plugin khusus
  • Minimnya kategorisasi : ini merupakan kekurangan blogger paling besar, blogger tak mampu menampung lebih banyak tampilan dibandingkan dengan layanan resmi lainnya
2. Wordpress
   wordpress merupakan salah satu layanan blog  terpopuler saat ini , Why? karena wordpress punya banyak kelebihan di banding blogger.

Wordpress dikenalkan oleh Matt Mullenwerg pada tahun 2003. yang membuat blog ini makin di kenal adalah banyaknya fitur yang bagus dan keren , wordpress menyediakan dua alamat yaitu wordpress.com dan wordpress.org

Kedua alamat ini sangat berbeda, untuk wordpress.com anda tidak perlu instalasi, tapi anda tidak bisa mengubah template standar yang telah di sediakan.

sedangkan dengan wordpress.org, aplikasi ini sangat lengkap dan lebih canggih tentunya dibandingkan dengan wordpress.com.

inilah beberapa kelebihan dari wordprss.org:

  • Gratis :, ya anda tinggal mengunduh aplikasinya yang banyak di sediakan di internet tanpa pungut biaya, bahkan untuk yang komersial sekalipun.
  • berbasis open source :  dapat dibuat dan digunakan siapa saja, dan jika anda mahir soal pemograman anda dapat memodifikasinya sesuka hati anda dan bahkan bisa dikembangkan sesuai selera.
  • tersedia banyak plugin : plugin merupakan perangkat tambahan agar blog lebih optimal, di wordpress.org anda dapat memasang plugin khusus.
  • mempunyai kategorisasi : anda dapat menggunakan toll blogroll di wordpress untuk membagikan tulisan atau apapun itu dalam bentuk kategorisasi-kategorisasi.
  • mempunyai halaman statis: yaitu halaman khusus yg terpisah dari tulisan-tulisan pada blog.danmasih banyak lagi



Komentar

Postingan Populer